#daunkencur Instagram Photos & Videos

daunkencur - 241 posts

Hashtag Popularity

11.8
average comments
92
average likes

Latest #daunkencur Posts

  • Waktu ke Pasar nemuin Daon kencur, Penasaran Berat!!, akhirnyaaa gw beli Dah cobain Tumis, pake Bawang merah bawang putih cabe trasi trs kencur nya jg dialusin jg, uda gt tinggal di Tumis Bumbunya mpe wangi bgt Baru masukin Daon kencur nya, gw pakein TERI medan yg uda digoreng Kering dan Telor puyuh krn Ada Lebih dari abis bikin ekkado Drpd mubazir gw masukin aja buat proteinnya

Dan jadinya... Sumpah sedeppp bgt!! Fixed bakal bli lg kl ketemu di Pasar!! 🤣🤣

#tumisdaunkencur #daunkencur #homecooking #homemade #masaksimple #masakrumahan
  • Waktu ke Pasar nemuin Daon kencur, Penasaran Berat!!, akhirnyaaa gw beli Dah cobain Tumis, pake Bawang merah bawang putih cabe trasi trs kencur nya jg dialusin jg, uda gt tinggal di Tumis Bumbunya mpe wangi bgt Baru masukin Daon kencur nya, gw pakein TERI medan yg uda digoreng Kering dan Telor puyuh krn Ada Lebih dari abis bikin ekkado Drpd mubazir gw masukin aja buat proteinnya

    Dan jadinya... Sumpah sedeppp bgt!! Fixed bakal bli lg kl ketemu di Pasar!! 🤣🤣

    #tumisdaunkencur #daunkencur #homecooking #homemade #masaksimple #masakrumahan

  •  9  0  16 July, 2020
  • Daun kencur
Rp.10 rb/ikat
Minat dm yaa
#daunkencur
  • Daun kencur
    Rp.10 rb/ikat
    Minat dm yaa
    #daunkencur

  •  0  0  30 June, 2020
  • Tanaman daun kencur 🌱 
Tanaman yang satu ini manfaat daun dan buah nya dapat di konsumsi 
#tanamankecur #daunkencur
  • Tanaman daun kencur 🌱
    Tanaman yang satu ini manfaat daun dan buah nya dapat di konsumsi
    #tanamankecur #daunkencur

  •  2  0  27 June, 2020
  • Seringkali saya membeli rimpang-rimpangan untuk kebutuhan memasak tapi tak sampai habis sudah layu. Rasanya sayang sekali.

Akhirnya saya mencoba untuk menyimpannya agar awet, dan berpikir daripada ditaruh di kulkas lebih baik taruh di tanah supaya tumbuh sekalian😄.
.
Alhamdulillah, ternyata benar kencur itu tumbuh dan bisa saya ambil kapanpun dalam keadaan segar😁. Pada saat itu karena masih iseng media tanam seadanya dan tanaman kencurnya berdaun kecil-kecil. Diambil terus sampai akhirnya habis tanamannya😅.
.
Suatu ketika saya membeli kencur lagi dan menaruhnya di kulkas hingga sedikit keriput. Daripada dibuang ke tong sampah mending saya buang di media tanam siapa tau tumbuh pikir saya. Alhamdulillah ternyata di luar ekpektasi, kencur tersebut tumbuh dengan gemuk, berdaun lebar bahkan yang bikin saya amazed itu tanaman kencurnya berbunga hingga tiga kali sampai hari ini. Akhirnya malah sayang buat dipanen😁.
.
Sebelum berbunga memang saya berencana memindahkan tanamannya sebagai tanaman indoor kalau daunnya sudah banyak. Makanya saya sangat menunggu-nunggu kemunculan bakal daun. Ternyata yang keluar bunga. Amazing lah pokokna mah, masyaAllah.

Disamping bikin rileks lihat tanaman, menanam juga bernilai sedekah lho. Mudah-mudahan amalan yang ringan ini bisa menolong kita di akhirat.

Itulah mungkin pengalaman saya berekplorasi dengan yang ada di sekitar saya. Setelah saya baca-baca, memang ternyata kencur ini juga ada beberapa jenisnya. Ada yang berdaun lebar dan ada yang sempit. Nah banyak banget yang perlu diekplor di sekitar kita.😍 Saya baru tau kalau kencur itu berbunga dan sangat indah. Bunganya seperti anggrek. Bagi saya ini bonus.

Bisa juga perlakuan ini untuk rimpang-rimpangan yang lain ya seperti kunyit, jahe, lengkuas, dll.

Selamat mencoba.

#kencur #aromaticginger #menanamkencur #caraawetmenyimpankencur #tanamankencur #bungakencur #daunkencur #kembangkencur #rimpang #herbs #growyourownfood #growownfood #berkebun #urbanfarming #yukberkebun
  • Seringkali saya membeli rimpang-rimpangan untuk kebutuhan memasak tapi tak sampai habis sudah layu. Rasanya sayang sekali.

    Akhirnya saya mencoba untuk menyimpannya agar awet, dan berpikir daripada ditaruh di kulkas lebih baik taruh di tanah supaya tumbuh sekalian😄.
    .
    Alhamdulillah, ternyata benar kencur itu tumbuh dan bisa saya ambil kapanpun dalam keadaan segar😁. Pada saat itu karena masih iseng media tanam seadanya dan tanaman kencurnya berdaun kecil-kecil. Diambil terus sampai akhirnya habis tanamannya😅.
    .
    Suatu ketika saya membeli kencur lagi dan menaruhnya di kulkas hingga sedikit keriput. Daripada dibuang ke tong sampah mending saya buang di media tanam siapa tau tumbuh pikir saya. Alhamdulillah ternyata di luar ekpektasi, kencur tersebut tumbuh dengan gemuk, berdaun lebar bahkan yang bikin saya amazed itu tanaman kencurnya berbunga hingga tiga kali sampai hari ini. Akhirnya malah sayang buat dipanen😁.
    .
    Sebelum berbunga memang saya berencana memindahkan tanamannya sebagai tanaman indoor kalau daunnya sudah banyak. Makanya saya sangat menunggu-nunggu kemunculan bakal daun. Ternyata yang keluar bunga. Amazing lah pokokna mah, masyaAllah.

    Disamping bikin rileks lihat tanaman, menanam juga bernilai sedekah lho. Mudah-mudahan amalan yang ringan ini bisa menolong kita di akhirat.

    Itulah mungkin pengalaman saya berekplorasi dengan yang ada di sekitar saya. Setelah saya baca-baca, memang ternyata kencur ini juga ada beberapa jenisnya. Ada yang berdaun lebar dan ada yang sempit. Nah banyak banget yang perlu diekplor di sekitar kita.😍 Saya baru tau kalau kencur itu berbunga dan sangat indah. Bunganya seperti anggrek. Bagi saya ini bonus.

    Bisa juga perlakuan ini untuk rimpang-rimpangan yang lain ya seperti kunyit, jahe, lengkuas, dll.

    Selamat mencoba.

    #kencur #aromaticginger #menanamkencur #caraawetmenyimpankencur #tanamankencur #bungakencur #daunkencur #kembangkencur #rimpang #herbs #growyourownfood #growownfood #berkebun #urbanfarming #yukberkebun

  •  19  2  25 June, 2020
  • Hari ini apa makan siangmu? Aku buat pepes hasil merambah dikebun..😂
.
Pepes sudah dikenal dari jaman nenek moyang, yakni metode memasak yang membungkus makanan dengan daun sebelum dimasak. Kalau di sunda disebutnya pais. Pepesku ini cuma memanfaatkan yang ada di kebun. Biasanya kalau pepes dibungkus daun pisang, nah yang ini pepesnya dibungkus daun kencur....
.
Pepes tahu daun pepaya.
Isinya: tahu dihancurkan, daun pepaya jepang direbus sebentar lalu dirajang, belimbing wuluh diiris bulat, cabai besar merah dan hijau diiris tipis
Bumbu: bawang merah dan bawang putih diiris. Garam.
Campurin semua bahan jadi satu. Aduk-aduk. Lalu dibungkus daun kencur. Kukus 15'. Selesai. Nyum... #pepestahudaunpepaya
#lunchvegetables
#vegetarianlunch
#daunkencur
#makansiang
  • Hari ini apa makan siangmu? Aku buat pepes hasil merambah dikebun..😂
    .
    Pepes sudah dikenal dari jaman nenek moyang, yakni metode memasak yang membungkus makanan dengan daun sebelum dimasak. Kalau di sunda disebutnya pais. Pepesku ini cuma memanfaatkan yang ada di kebun. Biasanya kalau pepes dibungkus daun pisang, nah yang ini pepesnya dibungkus daun kencur....
    .
    Pepes tahu daun pepaya.
    Isinya: tahu dihancurkan, daun pepaya jepang direbus sebentar lalu dirajang, belimbing wuluh diiris bulat, cabai besar merah dan hijau diiris tipis
    Bumbu: bawang merah dan bawang putih diiris. Garam.
    Campurin semua bahan jadi satu. Aduk-aduk. Lalu dibungkus daun kencur. Kukus 15'. Selesai. Nyum... #pepestahudaunpepaya
    #lunchvegetables
    #vegetarianlunch
    #daunkencur
    #makansiang

  •  11  4  23 June, 2020
  • .
.
__SAMCAN KECAP DAUN KENCUR__

Bahan:
>1/2 kg samcan *bisa pake daging ayam kampung 1 ekor.. Bumbu yang dihaluskan:
>10 bwg merah
>10 bwg putih
> 8 lembar daun kencur *kalo gak punya,bisa pake kencurnya aja 3cm.

Bumbu lain:
>2 sdm kecap asin Bangka
>2sdm kecap angsa
>1 sdm kecap ikan
>5 sdm kecap manis (sesuai selera)
>1 sdt kaldu jamur
>Gula merah 1/2 keping untuk ukuran sedang (1keping uk kecil).
> 3 sdm arak beras
> 1lt air

Cara:
 1. Rebus daging sampai setengah empuk. Angkat dan potong sesuai selera...
2. Tumis bumbu halus sampai harum masukkan daging yg sdh dipotong2..aduk2
3. Tuang bumbu lain dan air..aduk rata
4.  Masak sampai kulitnya lembut dan air menyusut. **Saya sengaja biarkan kuahnya agak banyak,  biar kuahnya bisa buat cocolan kerupuk keriting sama nasi👍🏻.
5. Test rasa .
.
.
.
.
#nonhalal #babikecap #samcan  #kencur #masakanbangka 
#babimun #daunkencur #resepbabikecapalacien2
#chinesefood #chinesefoodporn 
#porkbelly #masakanrumahan
#dagingkecap #khasbangka #dagingmasakkecap
  • .
    .
    __SAMCAN KECAP DAUN KENCUR__

    Bahan:
    >1/2 kg samcan *bisa pake daging ayam kampung 1 ekor.. Bumbu yang dihaluskan:
    >10 bwg merah
    >10 bwg putih
    > 8 lembar daun kencur *kalo gak punya,bisa pake kencurnya aja 3cm.

    Bumbu lain:
    >2 sdm kecap asin Bangka
    >2sdm kecap angsa
    >1 sdm kecap ikan
    >5 sdm kecap manis (sesuai selera)
    >1 sdt kaldu jamur
    >Gula merah 1/2 keping untuk ukuran sedang (1keping uk kecil).
    > 3 sdm arak beras
    > 1lt air

    Cara:
     1. Rebus daging sampai setengah empuk. Angkat dan potong sesuai selera...
    2. Tumis bumbu halus sampai harum masukkan daging yg sdh dipotong2..aduk2
    3. Tuang bumbu lain dan air..aduk rata
    4.  Masak sampai kulitnya lembut dan air menyusut. **Saya sengaja biarkan kuahnya agak banyak, biar kuahnya bisa buat cocolan kerupuk keriting sama nasi👍🏻.
    5. Test rasa .
    .
    .
    .
    .
    #nonhalal #babikecap #samcan #kencur #masakanbangka
    #babimun #daunkencur #resepbabikecapalacien2
    #chinesefood #chinesefoodporn
    #porkbelly #masakanrumahan
    #dagingkecap #khasbangka #dagingmasakkecap

  •  914  119  19 May, 2020
  • Nuhun...masih dikersakeun kénéh disayogian undeureun ku Semesta. Komo nuju Sasalad kieumah, baranggaleuh ukur sayur hungkul ka warung komo ka pasar loba ritualna. Saleuheungeun aya kanggo ngagaleuhna. Ari urang daék #hejokeunburuan #pelakrawatrumatruat mah meureun, moal rumahuh teuing. Sahanteuna wancina tuang téh aya deungeun sanguna. Boh éta lalabna, sayureunna, atawa hahanyiranna.
.
.
#gardentotable wanci ieumah ngundeur héhéjoan. Katukna urang sayurkeun ku samara saaya-aya, cikurna urang sambelkeun, daun cikurna urang hijikeun jeung kasréng / goreng teri tipung, jahé urang geprék jang inuman. Ngan meureun terina nya nu moal bisa dipelaktéh, kudu nyiar bibit ombakna heula, sangkan teri bisa hirup di #pamolahansangkuriang...heureuy kétang, lain bagéanna teu meunang ngaleuleuwihan nu lain sakuduna.
.
.
#ngundeur #lalablembur #katuk #kencur #sagalasambel  #daunkencur #jahemerah #carakuring
  • Nuhun...masih dikersakeun kénéh disayogian undeureun ku Semesta. Komo nuju Sasalad kieumah, baranggaleuh ukur sayur hungkul ka warung komo ka pasar loba ritualna. Saleuheungeun aya kanggo ngagaleuhna. Ari urang daék #hejokeunburuan #pelakrawatrumatruat mah meureun, moal rumahuh teuing. Sahanteuna wancina tuang téh aya deungeun sanguna. Boh éta lalabna, sayureunna, atawa hahanyiranna.
    .
    .
    #gardentotable wanci ieumah ngundeur héhéjoan. Katukna urang sayurkeun ku samara saaya-aya, cikurna urang sambelkeun, daun cikurna urang hijikeun jeung kasréng / goreng teri tipung, jahé urang geprék jang inuman. Ngan meureun terina nya nu moal bisa dipelaktéh, kudu nyiar bibit ombakna heula, sangkan teri bisa hirup di #pamolahansangkuriang...heureuy kétang, lain bagéanna teu meunang ngaleuleuwihan nu lain sakuduna.
    .
    .
    #ngundeur #lalablembur #katuk #kencur #sagalasambel #daunkencur #jahemerah #carakuring

  •  25  1  13 May, 2020
  • Ditandur gampang, sing suwe iku ngenteni empone, pantesan regane larang. Jebul dikelan ki enak tenan. Ning ya meksa mbebayani, amarga marai ngentek-entekke.jatah sega.

#kencur #daunkencur #daunkencurtumis
  • Ditandur gampang, sing suwe iku ngenteni empone, pantesan regane larang. Jebul dikelan ki enak tenan. Ning ya meksa mbebayani, amarga marai ngentek-entekke.jatah sega.

    #kencur #daunkencur #daunkencurtumis

  •  15  3  20 April, 2020
  • Assalamu’alaikum...
.
Seneng bgt klo pas ke pasar liat sayur yg jarang ditemuin, kayak daun kencur ini...langsung kebayang bikin trancam alias urap mentah yg rasanya krenyus” sedeep..tp bumbunya tetep aku kukus dl,kayaknya klo kelapanya mentah tuh gimanaa gt rasanya..
.
TRANCAM DAUN KENCUR
.
Bahan:
- 1 ikat daun kencur iris tipis;
- 1 ikat kacang panjang (ambil bbrp buah aja) iris kecil”;
- 1 ikat daun kemangi;
- 1/2 buah kelapa parut (jangan yg terlalu tua);
.
Bumbu halus:
- 1 ruas kencur;
- 5 siung bawang merah;
- 3 siung bawang putih;
- 6 buah cabe rawit merah;
- 1/2 terasi bakar abc;
- garam & gula pasir secukupnya;
.
Cara membuat:
- campur kelapa parut & bumbu halus lalu kukus sampai matang;
- campur bumbu yg telah matang dengan semua sayuran mentahnya, aduk rata;
.
Semoga bermanfaat & Selamat mencoba😉
.
#madebydania#daniasrecipes#resep#resepmasakan#resepmasakanindonesia#resepenak#resepmudah#food#masakan#reseprumahan#cooking#foodie#kuliner#masakanindonesia#berbagiresep#homecooking#foodpic#foodstyle#doyanmasak#doyanmakan#instafood#yummy#mam4thar#trancam#trancamdaunkencur#daunkencur#urap#urapsayur#kluban
  • Assalamu’alaikum...
    .
    Seneng bgt klo pas ke pasar liat sayur yg jarang ditemuin, kayak daun kencur ini...langsung kebayang bikin trancam alias urap mentah yg rasanya krenyus” sedeep..tp bumbunya tetep aku kukus dl,kayaknya klo kelapanya mentah tuh gimanaa gt rasanya..
    .
    TRANCAM DAUN KENCUR
    .
    Bahan:
    - 1 ikat daun kencur iris tipis;
    - 1 ikat kacang panjang (ambil bbrp buah aja) iris kecil”;
    - 1 ikat daun kemangi;
    - 1/2 buah kelapa parut (jangan yg terlalu tua);
    .
    Bumbu halus:
    - 1 ruas kencur;
    - 5 siung bawang merah;
    - 3 siung bawang putih;
    - 6 buah cabe rawit merah;
    - 1/2 terasi bakar abc;
    - garam & gula pasir secukupnya;
    .
    Cara membuat:
    - campur kelapa parut & bumbu halus lalu kukus sampai matang;
    - campur bumbu yg telah matang dengan semua sayuran mentahnya, aduk rata;
    .
    Semoga bermanfaat & Selamat mencoba😉
    .
    #madebydania #daniasrecipes #resep #resepmasakan #resepmasakanindonesia #resepenak #resepmudah #food #masakan #reseprumahan#cooking#foodie#kuliner#masakanindonesia#berbagiresep#homecooking#foodpic#foodstyle#doyanmasak#doyanmakan#instafood#yummy#mam4thar#trancam#trancamdaunkencur#daunkencur#urap#urapsayur#kluban

  •  23  11  14 April, 2020
  • ... budhe (umi Maryam) kakaknya mami satu2 nya lagi ke sawah sama kakak saya..anaknya budhe yg perempuan,lagi panen padi..kalau dimadura namanya 'anyeh' aka. panen padi. saya dirumah kebagian tugas masak dibantuin anaknya budhe yg bungsu perempuan,  adik saya. 
Adik saya heran lihat saya masak didapur.. semuanya dimasak tapi cepat selesai.. semuanya dibikin tanpa dirasain..tapi Pas masak rasanya serba pas. asinnya Pas. Manisnya Pas. Pedasnya Pas. kata nenek.. Tetangga datang nyicipp.. adiknya nenek.. bumbunya apaan ini? koq enak? 
Urap ala saya. 
Urap Daun Kencur : 
bawang putih
daun jeruk
Cabe merah besar
Cabe kecil rawit
kunyit
kencur
gula jawa
asem 
diuleg jadi satu..campur kelapa parut setengah tua kukus. saya kebetulan males ngukus, jadi saya oseng diwajan sebentar jangan sampai kering ya... lalapannya saya rebus..Daun kencur, cambah, kacang panjang, daun singkong.

#daunkencur #indonesianfood
  • ... budhe (umi Maryam) kakaknya mami satu2 nya lagi ke sawah sama kakak saya..anaknya budhe yg perempuan,lagi panen padi..kalau dimadura namanya 'anyeh' aka. panen padi. saya dirumah kebagian tugas masak dibantuin anaknya budhe yg bungsu perempuan, adik saya.
    Adik saya heran lihat saya masak didapur.. semuanya dimasak tapi cepat selesai.. semuanya dibikin tanpa dirasain..tapi Pas masak rasanya serba pas. asinnya Pas. Manisnya Pas. Pedasnya Pas. kata nenek.. Tetangga datang nyicipp.. adiknya nenek.. bumbunya apaan ini? koq enak?
    Urap ala saya.
    Urap Daun Kencur :
    bawang putih
    daun jeruk
    Cabe merah besar
    Cabe kecil rawit
    kunyit
    kencur
    gula jawa
    asem
    diuleg jadi satu..campur kelapa parut setengah tua kukus. saya kebetulan males ngukus, jadi saya oseng diwajan sebentar jangan sampai kering ya... lalapannya saya rebus..Daun kencur, cambah, kacang panjang, daun singkong.

    #daunkencur #indonesianfood

  •  25  6  5 April, 2020
  • ...iki serious bisa dioseng gawe sayur tah mbayu ?? @vey.miller  mengko aku tiwas mendem 😁😓🤣 #daunkencur
  • ...iki serious bisa dioseng gawe sayur tah mbayu ?? @vey.miller mengko aku tiwas mendem 😁😓🤣 #daunkencur

  •  6  7  4 April, 2020
  • Vitamin buat ngadepin hari ini, tumis daun kencur.. masyaAllah nikmatnyaa. Ditemenin sama ikan asin selar, sambel mentah, dan timun 🤤🤤
Pedes dari kencur dan rawit merah bikin panas mulut hahaha.
.
TUMIS DAUN KENCUR

Bahan:
Daun kencur secukupnya  iris tipis
3 btr bawang merah, iris
2 siung bawang putih, iris
8 bh cabai rawit merah, iris
Garam dan gula secukupnya
Sedikit air
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Iris tipis daun kencur, sisihkan
2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan irisan cabai
3. Masukkan daun kencur, aduk rata
4. Tambahkan garam, gula, dan sedikit air , aduk rata
5. Masak sampai daun kencur layu
6. Sajikan
.
#tumisdaunkencur #daunkencur #resepdaunkencur #reseptumisan #reseptumissayur
  • Vitamin buat ngadepin hari ini, tumis daun kencur.. masyaAllah nikmatnyaa. Ditemenin sama ikan asin selar, sambel mentah, dan timun 🤤🤤
    Pedes dari kencur dan rawit merah bikin panas mulut hahaha.
    .
    TUMIS DAUN KENCUR

    Bahan:
    Daun kencur secukupnya iris tipis
    3 btr bawang merah, iris
    2 siung bawang putih, iris
    8 bh cabai rawit merah, iris
    Garam dan gula secukupnya
    Sedikit air
    Minyak untuk menumis

    Cara membuat:
    1. Iris tipis daun kencur, sisihkan
    2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan irisan cabai
    3. Masukkan daun kencur, aduk rata
    4. Tambahkan garam, gula, dan sedikit air , aduk rata
    5. Masak sampai daun kencur layu
    6. Sajikan
    .
    #tumisdaunkencur #daunkencur #resepdaunkencur #reseptumisan #reseptumissayur

  •  39  6  24 March, 2020
  • Assalamualaikum mak...selamat makan siang sadayana..😊
Masak apa hari ini mak??
Hari ini mamak masak yg simpel" aja..(tiap hari kali masak yg simpel)😅😅😅 *di kasih daun kencur sma tetangga..dasar mamak mh kaya kambing yaa dadaunan teh beuki we...kecuali daun cauuu meureun😂😂
Tapi ini emng uda tua sihh daunnya..tapi g pp lah nnti kita coba aja ya...😅 #ayamgoreng #tempeorek #sambelterasi #daunkencur #wilujengtuang #janganlupabersyukur🙏
  • Assalamualaikum mak...selamat makan siang sadayana..😊
    Masak apa hari ini mak??
    Hari ini mamak masak yg simpel" aja..(tiap hari kali masak yg simpel)😅😅😅 *di kasih daun kencur sma tetangga..dasar mamak mh kaya kambing yaa dadaunan teh beuki we...kecuali daun cauuu meureun😂😂
    Tapi ini emng uda tua sihh daunnya..tapi g pp lah nnti kita coba aja ya...😅 #ayamgoreng #tempeorek #sambelterasi #daunkencur #wilujengtuang #janganlupabersyukur🙏

  •  8  0  16 March, 2020
  • Tumis daun kencur. Daun kencur memiliki banyak manfaat utk kesehatan.  Salah satunya dapat menjaga stamina tubuh dan dapat menghangatkan badan.
.
.
Merebaknya Virus Corona membuat kita hrs sll waspada. Mari kita jaga kesehatan seluruh keluarga. Smg kita smua aman dan dilindungi Allah. Salam sehat semua. .
.
Resep:

Bahan:
Daun kencur dua ikat

Bumbu:
Cabai secukupnya
Bawang merah 5
Bawanh putih 3
Salam
Lengkuas
Tambahkan ikan teri

Cara: 
Bumbu boleh diiris boleh diulek.
Setelah daun kencur dipotong2 dan dicuci, lalu tumis bumbu masukkan daun kencur tumis sampai harum. Tambahkan air sedikit, garam, dan gula jawa. 
Aduk-aduk sampai daunnya layu dan bumbu menyerap. Siap di hidangkan. 
Sumber: bunga2co.id dan KBBI

#daunkencur
#tumisdaunkencur
#makanansehat
#karawangfood
#perumnasfoodonline
#resepdaunkencur
  • Tumis daun kencur. Daun kencur memiliki banyak manfaat utk kesehatan. Salah satunya dapat menjaga stamina tubuh dan dapat menghangatkan badan.
    .
    .
    Merebaknya Virus Corona membuat kita hrs sll waspada. Mari kita jaga kesehatan seluruh keluarga. Smg kita smua aman dan dilindungi Allah. Salam sehat semua. .
    .
    Resep:

    Bahan:
    Daun kencur dua ikat

    Bumbu:
    Cabai secukupnya
    Bawang merah 5
    Bawanh putih 3
    Salam
    Lengkuas
    Tambahkan ikan teri

    Cara:
    Bumbu boleh diiris boleh diulek.
    Setelah daun kencur dipotong2 dan dicuci, lalu tumis bumbu masukkan daun kencur tumis sampai harum. Tambahkan air sedikit, garam, dan gula jawa.
    Aduk-aduk sampai daunnya layu dan bumbu menyerap. Siap di hidangkan.
    Sumber: bunga2co.id dan KBBI

    #daunkencur
    #tumisdaunkencur
    #makanansehat
    #karawangfood
    #perumnasfoodonline
    #resepdaunkencur

  •  6  0  14 March, 2020
  • Ini adalah menu spekatuler buat saya😲👏👏🤩... Imported from home... Makasih ibunda, makasih ponakan yang udah bawain... Ada yang tau sayur apaan?
.
Dulu jaman sy kecil saya bener2 enggak seneng sama makanan ini. Tpi bagaimana lagi, kalo mulai panen, maka saya akan dengan setia mbantuin bapak misahin daun dan umbi kencurnya... Dan ibu, akan memasak daun yang bejibun ini menjadi aneka menu. Ya diurap, dipecel, dibening...pokoknya manfaatkan yang punya, meminimalisir beli2 bahan karena keuangan tidak memungkinkan. Daaan kalo ibu sudah menyajikan menu sayur ini, dimasak apapun, sebeeeelll banget. Apalagi kl nyeplus bonggolnya yang putih2 bulet itu 😵... Sekarang? Nyariiin menu ini, sampai ngences2!!! Hampir semua menu yang sy idam2kan saat sudah berumahtangga, adalah menu yang di masa kecil tidak sy sukai. Ya... Tuhan maha membolak balikkan hati. Nggak cuma soal iman, tp termasuk selera makan... Hihihi 🤭.
Mari kita makan... Bismillaah alloohumma kenyang dan nikmat 🤩🤩
.
#daunkencur #godhongkencur #klubangodhongkencur #urap #urapdaunkencur #kecombrang #kembangturi #indonesianfood #indonesiancuisine #menurumahan #menukenangan #menusedap
  • Ini adalah menu spekatuler buat saya😲👏👏🤩... Imported from home... Makasih ibunda, makasih ponakan yang udah bawain... Ada yang tau sayur apaan?
    .
    Dulu jaman sy kecil saya bener2 enggak seneng sama makanan ini. Tpi bagaimana lagi, kalo mulai panen, maka saya akan dengan setia mbantuin bapak misahin daun dan umbi kencurnya... Dan ibu, akan memasak daun yang bejibun ini menjadi aneka menu. Ya diurap, dipecel, dibening...pokoknya manfaatkan yang punya, meminimalisir beli2 bahan karena keuangan tidak memungkinkan. Daaan kalo ibu sudah menyajikan menu sayur ini, dimasak apapun, sebeeeelll banget. Apalagi kl nyeplus bonggolnya yang putih2 bulet itu 😵... Sekarang? Nyariiin menu ini, sampai ngences2!!! Hampir semua menu yang sy idam2kan saat sudah berumahtangga, adalah menu yang di masa kecil tidak sy sukai. Ya... Tuhan maha membolak balikkan hati. Nggak cuma soal iman, tp termasuk selera makan... Hihihi 🤭.
    Mari kita makan... Bismillaah alloohumma kenyang dan nikmat 🤩🤩
    .
    #daunkencur #godhongkencur #klubangodhongkencur #urap #urapdaunkencur #kecombrang #kembangturi #indonesianfood #indonesiancuisine #menurumahan #menukenangan #menusedap

  •  22  6  11 March, 2020
  • Daun kencur
Rp.10 rb/ikat
Minat dm yaa
#daunkencur
  • Daun kencur
    Rp.10 rb/ikat
    Minat dm yaa
    #daunkencur

  •  1  0  27 February, 2020
  • Hijau.hijau di bawah pohon.... rumpun daun kencur penyejuk mata...
#daunkencur
  • Hijau.hijau di bawah pohon.... rumpun daun kencur penyejuk mata...
    #daunkencur

  •  1  0  7 February, 2020

Top #daunkencur Posts

  • Waktu ke Pasar nemuin Daon kencur, Penasaran Berat!!, akhirnyaaa gw beli Dah cobain Tumis, pake Bawang merah bawang putih cabe trasi trs kencur nya jg dialusin jg, uda gt tinggal di Tumis Bumbunya mpe wangi bgt Baru masukin Daon kencur nya, gw pakein TERI medan yg uda digoreng Kering dan Telor puyuh krn Ada Lebih dari abis bikin ekkado Drpd mubazir gw masukin aja buat proteinnya

Dan jadinya... Sumpah sedeppp bgt!! Fixed bakal bli lg kl ketemu di Pasar!! 🤣🤣

#tumisdaunkencur #daunkencur #homecooking #homemade #masaksimple #masakrumahan
  • Waktu ke Pasar nemuin Daon kencur, Penasaran Berat!!, akhirnyaaa gw beli Dah cobain Tumis, pake Bawang merah bawang putih cabe trasi trs kencur nya jg dialusin jg, uda gt tinggal di Tumis Bumbunya mpe wangi bgt Baru masukin Daon kencur nya, gw pakein TERI medan yg uda digoreng Kering dan Telor puyuh krn Ada Lebih dari abis bikin ekkado Drpd mubazir gw masukin aja buat proteinnya

    Dan jadinya... Sumpah sedeppp bgt!! Fixed bakal bli lg kl ketemu di Pasar!! 🤣🤣

    #tumisdaunkencur #daunkencur #homecooking #homemade #masaksimple #masakrumahan

  •  9  0  16 July, 2020
  • Vitamin buat ngadepin hari ini, tumis daun kencur.. masyaAllah nikmatnyaa. Ditemenin sama ikan asin selar, sambel mentah, dan timun 🤤🤤
Pedes dari kencur dan rawit merah bikin panas mulut hahaha.
.
TUMIS DAUN KENCUR

Bahan:
Daun kencur secukupnya  iris tipis
3 btr bawang merah, iris
2 siung bawang putih, iris
8 bh cabai rawit merah, iris
Garam dan gula secukupnya
Sedikit air
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Iris tipis daun kencur, sisihkan
2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan irisan cabai
3. Masukkan daun kencur, aduk rata
4. Tambahkan garam, gula, dan sedikit air , aduk rata
5. Masak sampai daun kencur layu
6. Sajikan
.
#tumisdaunkencur #daunkencur #resepdaunkencur #reseptumisan #reseptumissayur
  • Vitamin buat ngadepin hari ini, tumis daun kencur.. masyaAllah nikmatnyaa. Ditemenin sama ikan asin selar, sambel mentah, dan timun 🤤🤤
    Pedes dari kencur dan rawit merah bikin panas mulut hahaha.
    .
    TUMIS DAUN KENCUR

    Bahan:
    Daun kencur secukupnya iris tipis
    3 btr bawang merah, iris
    2 siung bawang putih, iris
    8 bh cabai rawit merah, iris
    Garam dan gula secukupnya
    Sedikit air
    Minyak untuk menumis

    Cara membuat:
    1. Iris tipis daun kencur, sisihkan
    2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan irisan cabai
    3. Masukkan daun kencur, aduk rata
    4. Tambahkan garam, gula, dan sedikit air , aduk rata
    5. Masak sampai daun kencur layu
    6. Sajikan
    .
    #tumisdaunkencur #daunkencur #resepdaunkencur #reseptumisan #reseptumissayur

  •  39  6  24 March, 2020
  • .
.
__SAMCAN KECAP DAUN KENCUR__

Bahan:
>1/2 kg samcan *bisa pake daging ayam kampung 1 ekor.. Bumbu yang dihaluskan:
>10 bwg merah
>10 bwg putih
> 8 lembar daun kencur *kalo gak punya,bisa pake kencurnya aja 3cm.

Bumbu lain:
>2 sdm kecap asin Bangka
>2sdm kecap angsa
>1 sdm kecap ikan
>5 sdm kecap manis (sesuai selera)
>1 sdt kaldu jamur
>Gula merah 1/2 keping untuk ukuran sedang (1keping uk kecil).
> 3 sdm arak beras
> 1lt air

Cara:
 1. Rebus daging sampai setengah empuk. Angkat dan potong sesuai selera...
2. Tumis bumbu halus sampai harum masukkan daging yg sdh dipotong2..aduk2
3. Tuang bumbu lain dan air..aduk rata
4.  Masak sampai kulitnya lembut dan air menyusut. **Saya sengaja biarkan kuahnya agak banyak,  biar kuahnya bisa buat cocolan kerupuk keriting sama nasi👍🏻.
5. Test rasa .
.
.
.
.
#nonhalal #babikecap #samcan  #kencur #masakanbangka 
#babimun #daunkencur #resepbabikecapalacien2
#chinesefood #chinesefoodporn 
#porkbelly #masakanrumahan
#dagingkecap #khasbangka #dagingmasakkecap
  • .
    .
    __SAMCAN KECAP DAUN KENCUR__

    Bahan:
    >1/2 kg samcan *bisa pake daging ayam kampung 1 ekor.. Bumbu yang dihaluskan:
    >10 bwg merah
    >10 bwg putih
    > 8 lembar daun kencur *kalo gak punya,bisa pake kencurnya aja 3cm.

    Bumbu lain:
    >2 sdm kecap asin Bangka
    >2sdm kecap angsa
    >1 sdm kecap ikan
    >5 sdm kecap manis (sesuai selera)
    >1 sdt kaldu jamur
    >Gula merah 1/2 keping untuk ukuran sedang (1keping uk kecil).
    > 3 sdm arak beras
    > 1lt air

    Cara:
     1. Rebus daging sampai setengah empuk. Angkat dan potong sesuai selera...
    2. Tumis bumbu halus sampai harum masukkan daging yg sdh dipotong2..aduk2
    3. Tuang bumbu lain dan air..aduk rata
    4.  Masak sampai kulitnya lembut dan air menyusut. **Saya sengaja biarkan kuahnya agak banyak, biar kuahnya bisa buat cocolan kerupuk keriting sama nasi👍🏻.
    5. Test rasa .
    .
    .
    .
    .
    #nonhalal #babikecap #samcan #kencur #masakanbangka
    #babimun #daunkencur #resepbabikecapalacien2
    #chinesefood #chinesefoodporn
    #porkbelly #masakanrumahan
    #dagingkecap #khasbangka #dagingmasakkecap

  •  914  119  19 May, 2020
  • ... budhe (umi Maryam) kakaknya mami satu2 nya lagi ke sawah sama kakak saya..anaknya budhe yg perempuan,lagi panen padi..kalau dimadura namanya 'anyeh' aka. panen padi. saya dirumah kebagian tugas masak dibantuin anaknya budhe yg bungsu perempuan,  adik saya. 
Adik saya heran lihat saya masak didapur.. semuanya dimasak tapi cepat selesai.. semuanya dibikin tanpa dirasain..tapi Pas masak rasanya serba pas. asinnya Pas. Manisnya Pas. Pedasnya Pas. kata nenek.. Tetangga datang nyicipp.. adiknya nenek.. bumbunya apaan ini? koq enak? 
Urap ala saya. 
Urap Daun Kencur : 
bawang putih
daun jeruk
Cabe merah besar
Cabe kecil rawit
kunyit
kencur
gula jawa
asem 
diuleg jadi satu..campur kelapa parut setengah tua kukus. saya kebetulan males ngukus, jadi saya oseng diwajan sebentar jangan sampai kering ya... lalapannya saya rebus..Daun kencur, cambah, kacang panjang, daun singkong.

#daunkencur #indonesianfood
  • ... budhe (umi Maryam) kakaknya mami satu2 nya lagi ke sawah sama kakak saya..anaknya budhe yg perempuan,lagi panen padi..kalau dimadura namanya 'anyeh' aka. panen padi. saya dirumah kebagian tugas masak dibantuin anaknya budhe yg bungsu perempuan, adik saya.
    Adik saya heran lihat saya masak didapur.. semuanya dimasak tapi cepat selesai.. semuanya dibikin tanpa dirasain..tapi Pas masak rasanya serba pas. asinnya Pas. Manisnya Pas. Pedasnya Pas. kata nenek.. Tetangga datang nyicipp.. adiknya nenek.. bumbunya apaan ini? koq enak?
    Urap ala saya.
    Urap Daun Kencur :
    bawang putih
    daun jeruk
    Cabe merah besar
    Cabe kecil rawit
    kunyit
    kencur
    gula jawa
    asem
    diuleg jadi satu..campur kelapa parut setengah tua kukus. saya kebetulan males ngukus, jadi saya oseng diwajan sebentar jangan sampai kering ya... lalapannya saya rebus..Daun kencur, cambah, kacang panjang, daun singkong.

    #daunkencur #indonesianfood

  •  25  6  5 April, 2020
  • Hari ini apa makan siangmu? Aku buat pepes hasil merambah dikebun..😂
.
Pepes sudah dikenal dari jaman nenek moyang, yakni metode memasak yang membungkus makanan dengan daun sebelum dimasak. Kalau di sunda disebutnya pais. Pepesku ini cuma memanfaatkan yang ada di kebun. Biasanya kalau pepes dibungkus daun pisang, nah yang ini pepesnya dibungkus daun kencur....
.
Pepes tahu daun pepaya.
Isinya: tahu dihancurkan, daun pepaya jepang direbus sebentar lalu dirajang, belimbing wuluh diiris bulat, cabai besar merah dan hijau diiris tipis
Bumbu: bawang merah dan bawang putih diiris. Garam.
Campurin semua bahan jadi satu. Aduk-aduk. Lalu dibungkus daun kencur. Kukus 15'. Selesai. Nyum... #pepestahudaunpepaya
#lunchvegetables
#vegetarianlunch
#daunkencur
#makansiang
  • Hari ini apa makan siangmu? Aku buat pepes hasil merambah dikebun..😂
    .
    Pepes sudah dikenal dari jaman nenek moyang, yakni metode memasak yang membungkus makanan dengan daun sebelum dimasak. Kalau di sunda disebutnya pais. Pepesku ini cuma memanfaatkan yang ada di kebun. Biasanya kalau pepes dibungkus daun pisang, nah yang ini pepesnya dibungkus daun kencur....
    .
    Pepes tahu daun pepaya.
    Isinya: tahu dihancurkan, daun pepaya jepang direbus sebentar lalu dirajang, belimbing wuluh diiris bulat, cabai besar merah dan hijau diiris tipis
    Bumbu: bawang merah dan bawang putih diiris. Garam.
    Campurin semua bahan jadi satu. Aduk-aduk. Lalu dibungkus daun kencur. Kukus 15'. Selesai. Nyum... #pepestahudaunpepaya
    #lunchvegetables
    #vegetarianlunch
    #daunkencur
    #makansiang

  •  11  4  23 June, 2020
  • Urap Daun Kencur

Jika musim hujan begini,  di pasar dekat rumah berlimpah daun kencur.  Penggemar daun rempah yang harum ini sangat banyak,  jadi kudu pagi-pagi benar ke pasar untuk mendapatkannya.  Daun kencur salah satu sayuran favorit saya di Jakarta,  sayangnya hanya ada saat musim penghujan saja.

Aromanya yang harum bukan saja sedap untuk indra penciuman tetapi segar di badan.  Saya selalu merasa fresh dan cantik luar dalam 10 x lipat sehabis menyantap sebaskom besar urap yang cantik,  harum dan sedap ini. 😂😜😋 Abaikan kata sebaskom ya.

Tidak ada daun kencur tentunya bukan masalah,  dengan sayuran berdaun hijau lainnya sama mantapnya.  Jangan skip kencur dan daun jeruk di bumbu ya, karena itu yang membuat urap terasa spesial.

Sentuh gambar diatas dan geser ke kiri untuk resep dan proses step by stepnya.

LINK di bio. 
Googling resepnya dengan kata kunci 'urap daun kencur JTT'

#justtryandtaste #jtt #resepjtt #jttrecipes #resepjusttryandtaste #urapjtt #urapdaunkencur #daunkencur #foodphotography
  • Urap Daun Kencur

    Jika musim hujan begini, di pasar dekat rumah berlimpah daun kencur. Penggemar daun rempah yang harum ini sangat banyak, jadi kudu pagi-pagi benar ke pasar untuk mendapatkannya. Daun kencur salah satu sayuran favorit saya di Jakarta, sayangnya hanya ada saat musim penghujan saja.

    Aromanya yang harum bukan saja sedap untuk indra penciuman tetapi segar di badan. Saya selalu merasa fresh dan cantik luar dalam 10 x lipat sehabis menyantap sebaskom besar urap yang cantik, harum dan sedap ini. 😂😜😋 Abaikan kata sebaskom ya.

    Tidak ada daun kencur tentunya bukan masalah, dengan sayuran berdaun hijau lainnya sama mantapnya. Jangan skip kencur dan daun jeruk di bumbu ya, karena itu yang membuat urap terasa spesial.

    Sentuh gambar diatas dan geser ke kiri untuk resep dan proses step by stepnya.

    LINK di bio.
    Googling resepnya dengan kata kunci 'urap daun kencur JTT'

    #justtryandtaste #jtt #resepjtt #jttrecipes #resepjusttryandtaste #urapjtt #urapdaunkencur #daunkencur #foodphotography

  •  1,173  129  2 November, 2017